Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Slavin ( dalam Trianto,2009:68) mendefinisikan model pembelajaran kooperatif TIPE STAD sebagai salah satu tipe dari model pembelakjatran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara heterogen. Diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok kuis, dan penghargaan kelompok.
Slavin ( dalam Trianto, 2009:69) menyatakan bahwa pada STAD siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggota 4-5 orang merupakan campuran menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku. Guru menyajikan pelajaran, dan kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Kemudian seluruh siswa diberikan tes tentang materi tersebut.
Berdasarkan Uraian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif TIPE STAD merupakan model pembelajaran kooperatif yang menggunakan kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang siswa yang heterogen tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku.
Untuk memperlancar pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Menurut Slavin ( dalam Trianto, 2009:69) perlu diperhatikan 5 komponen yaitu:
- Penyajian kelas
Penyajian kelas yang dilakukan di depan kelas secara klasikaloleh guru,selanjutnya siswa disuruh bekerja kelompok untuk menyelesaikan pmersalahan yang diberikan
- Kelompok (Teams)
Pada tahap kelompok ini, siswa diskusi kelompok dalam diskusi kelompok tersebut siswa di harapkan saling membantu menyelesaikan permasalahan.
- Kuiz(Quizzes)
Kuis adalah formatif dengan tujuan untuk mengetahui keberhasilan siswa secara kelompok maupun individu yang diberikan kepada siswa setelah diskusi kelompok selesai.
- Skor kemajuan individu(individual improvement scor)
Skor kemajuan individu adalah perbandingan antara hasil tes awal dengan tes akhir siswa
- Pengakuan kelompok (teams recognition)
Pengakuan kelompok adalah pemberian predikat kepada masing-masing kelompok. Predikat ini di peroleh dengan melihat skor kemajuan kelompok. Skor kemajuan kelompok adalah nilai yang diperoleh masing-masing kelompok yang diberikan oleh guru dengan melihat kekompakan dan kretivitas dari anggota dari masing-masing kelompok.Berdasarkan skor kemajuan kelompok guru memberikan hadiah berupa predikat kelompok yang memenuhi.
Sintaks Model Pembelajran Kooperatif TIPE STAD
Fase | Kegiatan Guru | Kegiatan siswa |
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan motivasi siswa |
Menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar | Siswa mendengarkn tujuan dan motivasi yang d sampaikan oleh guru |
Fase 2
Menyajikan atau menyampaikan informasi |
Menyajika informasi kepada siswa dengan jalan mendemonstrasika atau lewat bahan bacaan | Siswa memperhatikan informasi yang disampaikan guru |
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar |
Menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efesien | Siswa memperhatikan penjelasan dari guru dan membentuk kelompok belajar sesuai arahan dari guru |
Fase 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar |
Membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka | Siswa memperhatikan bimbingan guru dan bekerja sama dengan teman kelompoknya |
Fase 5
Evaluasi
|
Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah diajarkan atau masing-masing kelompok mempersentasikan hasil kerjanya | Siswa menjawab soal evaluasi dari guru dan mempersentasikan hasil kerja kelompoknya |
Fase 6
Memberikan penghargaan |
Mencari cara –cara untuk menghargai baik upaya mupun hasil belajar individu dan kelompok | Siswa menerima penghargaan dari guru. |
DAFTAR PUSTAKA
http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.com/2012/08/jigsaw.html